Kamis, 30 Januari 2020

Produk Indonesia Jadi Raja di Negaranya

Tumbuh sebagai remaja muda di daerah kecil di pedalaman Indonesia, aku dan anak-anak baru gede  di wilayah kami terbiasa jajan skincare dan make up di warung-warung palugada (apa lu mau, gua ada) atau untuk yang lebih lengkap lagi; toko-toko di pasar. Kami juga tumbuh dengan berbagai tanaman yang dipercaya turun temurun punya daya untuk kecantikan dan kesehatan.
Begitulah perkenalanku dengan berbagai perawatan tubuh dan warna warni make up bermula.

Photo by Noah Buscher on Unsplash

Agak besar, setelah merantau ke kota dengan lebih beragam manusia serta interaksi dan berbagai kemudahan akses media sosial, aku jadi semakin terpapar informasi terkait topik kecantikan. Perlahan aku mengenal tentang skincare dari Korea yang menjanjikan kulit putih, bersih sampai pori-pori terlihat samar. Tertarik, aku pun mulai mencoba hingga mengoleksi beberapa merk yang selalu tampil di laman rekomendasi.



Untuk make up, beda lagi. Dibanding produk Korea dengan warna warni lembut cenderung kasual, aku lebih tertarik produk barat. Warnanya yang merah, megah dan merekah, ku rasa lebih cocok digunakan untuk acara istimewa yang meriah khas Indonesia.

Photo by Christin Hume on Unsplash

Tapi kini setelah puas wara wiri mencicipi produk luar negeri, rasa rindu datang menghampiri. Teringat produk pertama yang dikenalkan Mama dengan pernyataan, "ini enak di wajah dan produk asli Indonesia lho, Yay". Akhirnya aku kembali melakukan perburuan.

Mencari tahu bagaimana produk lokal kini berkembang yang membuat aku jadi ikut bangga dan tertarik mencoba. Produk dalam negeri kini bisa dinilai punya nyali. Mulai dari kemasan hingga manfaat kandungan produk bisa lah disejajarkan dengan Buatan negeri Ginseng dan Paman Sam. Yang jadi kesukaan, bukan hanya yang tadi sudah disebutkan di atas namun juga pada campaign yang diusung saat penjualan. Produk-produk dalam negeri menggunakan model dengan varian warna dan keadaan kulit yang lebih masuk akal dan terasa dekat dengan keadaan asli orang Indonesia.

Photo by Cok Wisnu on Unsplash

Dengan mengusung kearifan lokal manusia dan sumber daya alamnya, aku jadi semakin yakin bahwa produk dalam negeri sangat mungkin jadi raja di negeri sendiri. Sebagai konsumen sekaligus target pasar, aku sangat mendukung kemajuan ini sekaligus berharap kita semua bisa bersatu membuat produk Indonesia semakin berjaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar