Selasa, 22 Mei 2018

Untuk Kamu yang Punya Mimpi Bepergian Sendiri

Pagi ini aku bangun dengan pemandangan yang jauh berbeda dari yang biasanya aku lihat. Berbeda dari yang bertahun-tahun aku lewati. Tidak terasa berada di tempat berbeda ini telah memasuki pekan kedua. Ada hal-hal yang sesuai ekspektasi namun lebih banyak kejutannya. Tapi semuanya harus dijalani, sendiri.
Cr. pic Freepik.com
Aku pikir ini adalah hal terbaik dari melakukan perjalanan sendiri, kamu tidak benar-benar bisa bergantung pada seseorang. Salah satu jalan untuk menyembuhkan berbagai sakit yang aku derita di dalam. Tidak terikat secara emosional dengan seseorang, dengan sebuah tempat, sungguh melegakan.

Tulisan ini sengaja aku bagikan untuk kamu yang belum pernah namun memiliki keinginan kuat untuk melakukan perjalanan sendiri. Satu hal yang aku bisa sarankan; lakukanlah. Lakukan sekarang sebelum lebih banyak lagi alasan untuk menunda atau malah tidak pernah melakukannya. Bepergian sendiri bukan hanya tentang pemandangan yang bagus untuk feed instagram, bukan hanya tentang hal-hal di luar dan terlihat. Ada banyak sekali pelajaran yang bisa kamu ambil dan temukan di jalan. Di wajah Ibu-ibu yang lelah, di wajah bahagia sepasang Ayah dan Anak yang melakukan perjalanan berdua, dan tentunya di wajahmu yang penuh kekhawatiran.

Kamu akan belajar untuk melakukan hal-hal yang belum pernah kamu lakukan. Kamu tentu saja akan melakukan kesalahan. Terjatuh, tersasar, kehilangan barang, tidak sengaja merusak sesuatu, membeli terlalu banyak makanan, kelelahan, bingung, malu, sakit dan sebagainya. Tapi ini benar-benar pengalaman yang layak dijalani. However, you hear this from the girl who only once did it. But I promise and believe will do travel more often on future.

Sebelumnya ditulisan tentang motivasi melakukan perjalanan sendiri, sudah sempat aku sebutkan bahwa memiliki influencer yang doyan jalan ke tempat yang bagus, bertemu orang-orang yang menginspirasi dan lebih dari itu menemukan diri sendiri dalam perjalanan adalah sebuah jalan awal yang membuat mimpi untuk pergi ke luar kota semakin kuat. Namun sesungguhnya kini aku sadari bahwa melakukan perjalanan sendiri perlu dijalani apapun niat awalmu. Kamu tetap boleh pergi meski alasanmu sesederhana bosan atau serumit ingin melarikan diri. Kamu tetap berhak untuk merapikan pakaianmu ke dalam tas dan pergi sebentar atau pindah selamanya.

Cr. pic Freepik.com

Toh ada hal di dunia ini yang tidak bisa dijelaskan dengan kalimat puitis atau kepala yang penuh mimpi. Ada beberapa orang di luar sana yang nyaris gila dan butuh jeda. Untuk mereka, motivasi semisal bertemu orang baru adalah sebuah masalah lain yang sedang tidak ingin diambil resikonya. So just do it. I realize this because even in this dorm, when almost of people love to chat to each other, there is still some people who love to being with themself. Don’t give attention to another people. And it’s okay.

Dan untuk kamu, aku tuliskan doa dan harapan semoga apapun yang menghalangi dirimu untuk melakukan perjalanan sendiri segera menemukan solusi. Entah itu izin, uang, waktu, kesehatan dan lainnya. Mari pergi dan tuliskan kisah. Mari beri kepercayaan pada diri sendiri untuk memutuskan dan mengambil tanggung jawab. Mari ambil resiko dengan harapan kelak, di masa depan kita bisa berkata “ah untung saja saat itu aku berani…”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar