Jumat, 26 Agustus 2016

Selamat Ulang Tahun



Dear Pos Indonesia,
dulu sekali salah satu mimpi kanak-kanakku adalah memiliki sahabat pena. Berawal dari membaca sebuah majalah anak yang begitu populer di tahun 90 an, salah satu rubrik di majalah itu adalah tentang sahabat pena, mengenalkan anak pada persahabatan dan tentu kebiasaan menulis yang menyenangkan.

sumber gambar : dokumentasi pribadi
Ada banyak anak yang akhirnya memiliki teman kecil dari seluruh Indonesia, saling mengenalkan tempat tinggal dan cerita sehari-hari tentang daerah asal.
“aku juga ingin !!”, teriakku dalam hati. Membayangkannya saja sudah membuat aku tak bisa menahan senyum tanda senang. Namun karena letak kantor pos yang jauh mengharuskan bolak balik menaiki kendaraan umum dan orang tua yang sibuk bekerja sepanjang hari, tidak memungkinkan dititipi hal-hal seperti itu karena khawatir merepotkan, akhirnya mimpi itu pun hilang terhapus waktu bahkan sebelum pernah dicoba untuk diwujudkan.

Lama waktu berselang, kenangan tentang sahabat pena, Pak Pos, keranjang sewarna kulit jeruk matang membawaku pada satu kesimpulan.Saat aku duduk di akhir pendidikan sekolah dasar, Bu Guru Bahasa Indonesia bertanya pada kami, “apa cita-cita kami kelak saat dewasa ?”
Tanpa ragu aku menjawab, “ingin menjadi seorang tukang pos.”
 
Sumber gambar : flickr

Dalam bayanganku kemudian terbentuk sebuah imaji berjalan, disuatu pagi yang cerah dengan sepeda (entah kenapa aku lebih menyukai ide mengantar surat dengan kendaraan satu ini) dan keranjang serta bel kecil di dekat stang kiri,aku mengayuh sepedaku mengelilingi komplek perumahan tempat tinggal lalu berhenti di alamat rumah tujuan surat dikirimkan. Saling bertukar senyum dengan pemilik rumah, memberikan surat sembari meminta tanda tangan bukti surat telah diterima oleh orang yang tepat.Sebenarnya hingga aku duduk di bangku kuliah kini pun mimpi itu masih ada, tersimpan jauh di hati.

Kantor pos juga memiliki keutamaan sendiri bagiku. Sebagai salah satu tempat yang setelah dewasa ini sering aku datangi untuk mengirim karya dan beberapa kebutuhan lainnya, oh ya sebagai informasi aku masih belum mewujudkan mimpi memiliki sahabat pena, jujur saja sambil menulis surat ini Aku berpikir untuk memulai kembali pencarian mencari sahabat pena, mewujudkan salah satu mimpi sederhanaku.

Aku merasa tempat yang sibuk dengan banyak orang dan simbol warna orange dimana-mana ini sebagai tempat yang menghangatkan hati. Menimbulkan sensasi nyaman seperti di rumah karena keramahan, sensasi tenang karena yakin barang yang dititipkan akan sampai ditujuan.
Sumber gambar : weheartit

Untuk Pak Pos di seluruh Kantor Pos di Indonesia, dulu aku adalah anak perempuan yang lebih suka tinggal di rumah, berlama-lama ada di zona nyaman, membaca dan menulis sendirian, namun demi melihat kau lewat dengan seragam khasmu dan setumpuk surat serta paketan barang, aku akan keluar dan tersenyum menatap jalan yang telah kau lewati dengan motor dan tas besar di jok belakang.

Untuk Pak Pos di seluruh Kantor Pos di Indonesia, aku kirimkan surat ini untuk mengungkapkan terima kasih pada kebahagiaan yang kau antarkan dari pagi hingga senja, pada surat dan barang yang sampai tepat waktu dan tepat tujuan, pada mimpi yang kau tiupkan. Terima kasih telah ada dan menjadi bagian tak terpisahkan dari mimpi kanak-kanakku.

Untukmu, Pos Indonesia, kalaupun sekarang Indonesia tengah dikepung dengan banyaknya penyedia layanan kirim yang menjamur dengan berbagai kecanggihan sedang pamormu sedikit menurun tak seramai tahun-tahun lalu, bersama surat ini aku ingin kau tahu dan percaya akan selalu ada orang-orang yang lebih memilih menggunakan jasamu bukan hanya karena layanan dan kualitasmu yang terjaga namun karena kenangan manis yang tercipta bertahun-tahun silam, yang tak bisa digantikan dengan secanggih apapun teknologi diciptakan.

Tetaplah kuat dan menjadi besar, Pos Indonesia.

#270ThPosUntukNegeri
#PosBdayChallenge

Dari pengagummu,
Marlia Alvionita
                                                                                                        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar